Bahan Kuliah


Kumpulan soal-soal
Ekonomi Pembangunan
1.       Apakah yang dimaksud dengan “growth without development”?
2.       Apakah peranan Negara maju dalam membantu pembangunan di Negara berkembang? Apakah bantuan itu benar-benar untuk kemajuan Negara berkembang?
3.       Mengapa terjadi pergeseran makna pembangunan?
4.       Mengapa ekonomi sentral dalam memahami problema pembangunan di Negara berkembang?
5.       Apakah ada hubungan antara kesehatan, produktivitas tenaga kerja dan tingkat pengahasilan? Jelaskan!
6.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan Negara berkembang! Apakah semua Negara sedang berkembang mempun yai karakteristik umum yang sama? Jalaskan!
7.       Bagaimana dampak dari sifat mudah tersinggung Negara sedang berkembang terhadap hubungan internasional?
8.       Apakah ada manfaatnya konsef Negara sedang berkembang? Ksertakan penjelasannya!
9.       Apa yang mesti dilakukan Negara berkembang dalam pembangunannya ditinjau dari segi sumber daya yang dimilikinya?
10.   Bagaimanan hubungan teknologi dengan pembangunan?
11.   Dengan memberikan modala yang besar apakah cukup untuk membangun Negara berkembang?
12.   Jelaskan kelebihan dan kekurangan masing – masing sector( sector pertanian, industry dan jasa)!
13.   Dapatkah terjadi pembangunan tanpa perubahan struktur ekonomi?
14.   Mengapa terjadi perubahan struktur ekonomi dalam proses pembangunan?
15.   Menurut anda pakah ada hambatan lain yang dialami Negara berkembang dalam pembangunan? Jelaskan!
16.   Bengkulu termasuk daerah yang tertinggal di Indonesia, menurut anda mengapa hal itu dapat terjadi? Jel;askan arguman anda bila dihubungkan dengan jumlah investasi yang ada!
17.   Dapatkah anda member contoh tentang hambatan social budaya dalam pembanguan di Indonesia? Jelaskan!
18.   Mengapa laju pertumbuhan penduduk yang tinggi cenderung menghambat laju pembanguan ekonomi?
19.   Jelaskan kelamahan dari penggunaan capital yang berasal dari luar negeri dalam proses pembanguan!
20.   Pertimbangan apa yang menjadi dasar dalam penetapan penggunaan teknologi apakah capital insentive atau labor insentiv? Jalaskan untuk kasus di Indonesia
21.   Mengapa terdapat kelemahan jika pendapatan perkapita diguankan sebagai indicator kesejahteraan dalam suatu Negara?
22.   Jelaskan cara-cara lain yang dapat digunakan untuk mengukur kesejahteraan suatu Negara selain pendapatan perkapita?
23.   Apakah hipotesa kuznetz mengenai kurva U terbalik berlaku di Indonesia ? jelaskan dengan menggunakan data
24.   Jelaskan pernyataan berikut “ orang yang miskin secara absolute belum tentu miskin secara relative sebaliknya orang yang miskin secara relative belum tentu miskin secara absolute”.
25.   Dalamk pengalaman di banyak Negara, selalu terjadi dilemma( Confliting goals) antara mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi dengan meningkatkan pemerataan distribusi pendapatan. Mengapa terjadi demikian? Jelaskan dengan contoh actual
26.   Mengapa di Negara berkembang selalu terjadi inflasi? Apa akibat inflasi terhadap pembangunan?
27.   Mengapa kebaijakan moneter kurang efektif ijalankan di Negara berkembang?
28.   Jelaskan perbedaan antara kebijakan moneter dan fiscal?
29.   Jelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan agar Indonesia tidak terjebak dalam perangkap hutang luar negari!
30.   Jelaskan alternative sumber  pembiayaan pembangunan Indonesia! Manakah yang paling dominan menopang pembiayaan pembanguann Indonesia?
31.   Mengapa Negara donor bersedia menyalurkan bantuan luar negeri ke Indonesia?
32.   Jelaskan pengertian keuangan deficit?
33.   Keuangan deficit ekspansioner dan inflasioner, apakah maksud pengerian di atas?
34.   Bagaiman pengaruh buruk inflasi terhadap pembangunan!
35.   Global warming merupakan dampak dari pembangunan. Mengapa terjadi hal demikian? Apa upaya untuk mangatasi atau memperlambat terjadinya hal tersebut!
36.   Pembagunan yang hanya mengejar pertumbuhan tanpa menghiraukan kelestarian lingkunagn merupakan konsep yang sudah tinggal. Jelaskan maksud kalimat tersebut?
37.   Bagaiman Negara berkembang menutupi deficit keuangannya? Apakah dampak dari hal tersebut terhadap pembanguan , jalaskan?
38.   Bagaimana komentar anda tentang kondisi p-injaman/ utang luar negeri Indonesia jika dilihat dari perkembangan saat ini?
39.   Apakah persoaalan pokok yang menyebabkan anlisis ekonomi diperlukan ?
40.   Bagaimana komentar anda tentang kondisi pinjaman/ utang luar negeri Indonesia jika dilihat perkembangannya hingga sekarang ini? Strategi apa yang dapat dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam mengatasi permasalahan utang luar negeri tersebut?
41.   Berkaitan dengan pembagunan kemitraan dunia usaha di Indonesia, sumbangan pemikiran apa yang dapat anda berikan atau strategi apa saja yang dapat dilakukan agar UKM dapat berkembang dan berdaya saing tinggi?
42.   Jelaskan apa yang anda ketahui tentang permasalahan migrasi (urbanisasi) dan sektor informal?
43.   Jelaskan interaksi antara migrasi dan sektor informal?
44.   Jelaskan hipotesa Kuznet tentang hubungan antara ketimpangan pendapatan dan pertumbuhan! Bagaimana strategi negara berkembang untuk menghindari kondisi tersebut?
45.   Jelakan pengertian kemiskinan absolute dan kemiskinan relative !
46.   Jelaskan dua macam penyebab kemiskinan di negara berkembang!
47.   Mengapa negara berkembang sulit menghindar dari inflasi/ apa akibat inflasi terhadap pembangunan?
48.   Jelaskan bagaimana penerapan kebijakan moneter bila terjadi inflasi yang tinggi?
49.   Keuangan deficit bersifat “eksapansioner” dan “inflsioner”. Jelaskan maksudnya!
50.   Bagaimana negara berkembang menutup deficit keuangannya?
51.   Apa dampak deficit keuangan terhadap pembangunan?
52.   Pembangunan yang hanya mengejar pertumbuhan tanpa menghiraukan kelestarian lingkungan merupakan konsef yang sudah tertinggal. Jelaskan maksud kalimat tersebut!
53.   Global worming merupakan dampak dari pembangunan. Mengapa terjadi hal demikian? Apa upaya untuk mengatasinya atau memperlambat terjadinya hal tersebut?

Ekonomi Mikro

54.   Teranngkan sifat-sifat penting dari suatu teori ekonomi! Apakah yang dimaksud dengan ceteris paribus?  Mengapa ia perlu digunakan?
55.   Apakah yang biasanya diterangkan dalam grafik ekonomi? Buatlah beberapa contoh hubungan antara dua variable yang dapat digambarkan dalam grafik!
56.   Apakah angka indeks? Bagaimankah ia membantu analisis ekonomi? Di samping membentuk angka indeks, apakah peranan lain dari ilmu statistic dalam analisis ekonomi?
57.   Dari segi pendekatan dalam analisisnya, terangkan perbedaan antara teori mikroekonomi dan teori makro ekonomi?
58.   Apa yang anda ketahui mengenai dua keinginan yang saling bersesuaian? Apakah ia menghambat atau mala mendorong perdagangan? Mengapa?
59.   Terangkan sifat-sifat dari pelaku- pelaku utama kegiatan ekonomi!
60.   Buatlah suatu penilain tentang kebaikan dan keburukan mekanisme pasar. Peranan yang bagaimana yang dapat dijalankan pemerintah untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan system mekanisme pasar?
61.   Apakah masalah-masalah pokok yang dihadapi oleh setiap perekonomian? Adakah setiap masyarakat mengatasi masalah-masalah pokok tersebut dengan cara yan g sama?
62.   Definisikan batas kemingkian pproduksi. Apakah bedanya dengan kurva kemungkian produksi? Terangkan pemisalan-pemisalan untuk membuat kurva kemungkainan produksi?
63.   “dengan menggunakan kurva kemungkian produksi dapat digambarkan keadaan kesempatan kerja penuh, pengangguaran, penghamburan, keadaan yang tidak terjapai dan masalah pertumbuhan ekonomi yang lesu”. Terangkan maksud pernyatan tersebut!
64.   Terangkan cirri-ciri dari ketiga system perekonomian yang anda ketahui. Adakah ketiga system ekonomi tersebut mengatasi masalah-masalh ekonomi dengan cara yang sama/ terangkan jawaban anda
65.   Terangkan kurva permintaan. Factor-faktor apa yang menentukan permintaan? Mengapa kurva permintaan berbentuk menurun dari kiri atas ke kanan bawah?
66.   Terangkan perbedaan antara pergerakan sepanjang kurva permintaan dan pergeseran kurva permintaan
67.   Denifisikan elastisitas permintaan.apakah Faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan?tunjukan barang elastisitas permintaannya tidak elastis.Barang –barang apakah yang elastisitasnya tidak elatis?
68.   Terangkan mengapa kita tidak dapat menyatakan secara tegas elatisitas permintaan dan penawaran dengan hanya melihat bentuk kurva permintaan dan kurva penawaran di atas suatu grafik.
69.   Terangkan perbedaan dari ketiga-tiga pengertian berikut:(i) elastisitas permintaan harga,(ii)elatisitas permintaan silang dan(iii)elatisitas permintaan pendapatan.
70.   Dinifisikan elatisitas penawaran .Apakah factor – factor yang mempengaruhi elatisitas penawaran? Dengan menggunakan grafik tunjukkan akibat perbedaan jangka waktu analisis kepada elatisitas penawaran.
71.   Dengan menggunakan grafik terangkan masalah jangka panjang sektor pertanian di negara-negara  yang mengalami perkembangan pesat di sektor pertanian .
72.   Terangkan faktor –faktor yang menimbulkan ketidakstabilan harga barang pertanian dalam jangka pendek . apakah akibat ketidakstabilan harga barang pertanian kepada (a) pendapatan petani dan (b) penggunaan tenaga kerja di sektor pertanian ?
73.   Bahaslah cara-cara yang dapat dijalankan oleh pemerintah untuk menstabilkan harga barang pertanian .apakah implikasi dari tiap-tiap  cara tersebut kepada pendapat para petani ?buat tinjauan mengenai sampai di mana kesesuaian berbagai jenis kebijakan harga tersebut kalau dipraktekkan di negara kita .
74.   Apakah sifat-sifat kebijakan harga maksimum ? Apakah akibat-akibat yang mungkin timbul dalam kebijakan seperti itu ? Dan dalam keadaan yang bagaimanakah kebijakan itu tidak praktis lagi untuk dijalankan ?
75.   Definisikan istilah “insiden pajak . Terangkan bagaimana elastisitas permintaan mempengaruhi insiden pajak Bagaimana pengaruh elastisitas penawaran kapada insiden pajak ?
76.   Sampai di manakah subsidi pemerintah menguntungkan para pembeli ? Bagaimana pulakah keuntungan yang diterima penjual ?
77.   Bedakan arti nilai guna total dan nilai guna marjinal .Terangkan ciri-ciri dari nilai guna total dan nilai guna marjinal .Berdasarkan kepada ciri-ciri yang anda jelaskan tersebut buatlah kurva nilai guna total dan kurva nilai guna marjinal .
78.   Apabila seorang konsumen mengkonsumsi beberapa jenis barang ,terangkan keadaan yang akan memaksimumkan kepuasannya di dalam mengkonsumsi barang tersebut?
79.   Uraikan bagaimana teori nilai guna (utility) menerangkan sifat permintaan pembeli terhadap suatu barang yang diperjual belikan di pasar.
80.    apakah yang dimaksud dengan paradok nilai? Apakah peranan teori nilai guna di dalam menerangkan paradok nilai?
81.   Dengan menggunakan contoh angka dan secara grafik terangkan wujud surplus konsumen?
82.   Jelaskan bagaiman upah (wage) dapat menyeimbangkan permintaan dan penawara tenaga kerja pada saat upah tersebut sama dengan value of marginal produc of labor!
83.   Kurva penawaran tenaga kerja akan ditentukan oleh prilaku rumah tangga dalam menghadapi trade-off antara bekerja dan bersantai. Jelaskan perilaku ini dan jelaskan kaitannya dengan upoah/wage?
84.   Jelakan makna koefisisn elastisitas permintaan sebesar 0,4!
85.   Misalkan dengan harga tiket menonton film sebesar $8, jumlah tiket yang terjual adalah sebanyak 3000.
a.       Pemerintah memutuskan untuk mengenakan pajak sebesar $2 per 1 tiket. Setelah pengenaan pajak, harga tiket menjadi $9,25 dan jumlah tiket yang terjual menurun menjadi 2200. Hitunglah jumlah penerimaan pajak yang diperoleh oleh pemerintah dan besarnya deadweight loss akibat pengenaan pajak tersebut!
b.      Jika misalkan pemerintah sekarang memutuskan untuk menaikan pajak dua kali lipat menjadi $4 per 1 tiket terjual. Harga tiket naik menjadi $10,50 dan jumlah tiket terjual turun menjadi 1400. Hitunglah besarnya penerimaan pajak sekarang dan besarnya deadweight loss. Bandingkan dengan kondisi a!
86.   Jika Qd= 380 – 20P dan Qs= -120 + 30P
Dimana :              Qd: jumlah barang yang diminta
                                Qs: jumlah barang yang ditawarkan
                                P:  harga barang (ribu rupiah)
a.       Tentukan harga dan kuantitas keseimbangan (Pe dan Qe)
b.      Apa yang terjadi jika pemerintah menerapkan batas bawah harga yang diperoleh sebasar 8 ribu rupah? Jelaskan dan sertakan kurva!
c.       Jika kenaikan harga input produksi menyebabkan jumlah barang yang ditawarkan berkurang setengahnya, dan penurunan pendapatan menyebabkan permintaan menurun seperempat dari kondisi awal, tentukan harga dan kuntitas keseimbangan yang baru? Jelaskan juga perubahan dampak kebijakan pada point b sertakan kurva!
87.   Berdasarkan kondisi pada soal 76, jelaskan apa yang terjadi jika pemerintah  menerapkan pajak harga penjualan sebesar 0,5 (ribu rupiah)! Siapa yang menanggung beban pajak lebih besar? Mengapa?
88.   Misalkan  koefisien elastisitas harga permintaan untuk suatu barang adalah 0,4.
a.       Jelaskan makna koefisien elastisitas sebesar 0,4!
b.      Jika harga naik dari $2,8 manjadi $3, berapa jumlah barang yang diminta Qd2 jika Qd1 = 20 (gunakan midpoint formula / elastisitas busur!


Ekonomi manajemen

89.   Apa yang dimaksud dengan :
a.       Manajemen                                                                               e. budaya organisasi yang kuat
b.      Manajer                                                                       f. Perencanaan
c.       Organisasi                                                                   g. Pengambilan Keputusan
d.      Budaya organisasi                                                    h. Struktur Organisasi
90.   Jelaskan empat fungsi manajemen (harus secara berurutan) !
91.   Jelaskan prinsip-prinsip manajemen menurut H. Fayol!!!
92.   Jelaskan perkembangan teori manajemen, termasuk kontribusi setiap teori!
93.    Lingkungan organisasi terdiri dari lingkungan internal dan lingkunag eksternal. Jelaskan masing-masing!
94.   Bagaimana pengaruh budaya pada kinerja organisasi? Dukung jawaban anda denagn contoh
95.   Bagaimana pengaruh lingkunagn eksternal terhadap kinerja organisasi? Dukung jawaban anda dengan contoh!!
96.   Jelaskan tujuh dimensi budaya organisasi!
97.   Mengapa manajer perlu perencanaan!
98.   Jelaskan empat tahap yang harus dilakukan dalam melakukan perencanaan!
99.   Di lihat dari jenisnya, ada delapan jenis perencanaan. Jelaskan!
100.                        Mengapa manajer perlu melakukan pengorganisasian?
101.                        Jelaskan unsure-unsur yang harus dipenuhi dalam struktur organisasi yang baik!
102.                        Jelaskan faktor-faktor yang menentukan organisasi!
103.                        Jelaskan bentuk organisasi yang relevan, visioner, dan banyak diterapkan pada era globalisasi sekarang ini!
104.                        Jelaskan jestifikasi yang mendukung bentuk struktur yang dimaksud!
105.                        Jelaskan secara komprehensif hubungan koordinasi denagn rentang manajemen dalam konterk pengorganisasian!
106.                        Jelaskan secara komprehensif hubungan wewenang, delegasi dan desentralisasi dalam kontek pengorganisasian!
107.                        Jelaskan relevansi konsef penyusunan personalia organisasi dilihat pada implementasi di lembaga pemerintah daerah!
108.                        Jelaskan pendapat saudara tentang berbagai pandangan berkaitan dengan motifasi dalam organisasi!!
109.                        Jelaskan konsef “komunikasi efektif’!!
110.                        Jelaskan pandangan saudara tentang hambatan-hambatan terhadap komunikasi efektif!
111.                        Jelaskan kepemimpinan yang cocok untuk lembaga/ organisasi bisnis dewasa ini!
112.                        Bagaimana strategi organisasi menghadapi kekuatan penyebab perubahan yang sangat dinamis?
113.                        Jelaskan pandangan anda tentang manajemen konflik dalam upaya mendukung akselerasi pengembangan organisasi!
114.   Jelaskan pandangan saudara tentang pengawasan dalam konteks pencapaian tujuan organisasi!


Ekonomi Internasional

115.   Jelaskan peranan perdagangan internasional terhadap perekonomian nasional!
116.   Jelaskan apa yang terjadi pada nilai kurs apabila masyarakat memprediksi kondisi ekonomi pada masa yang akan datang semakin membaik ! apresiasi atau depresiasi ?
117.   Jelaskan mekanisme pengendalian nilai kurs dengan system floating exchange rate !
118.   Apabila nilai kurs dari Bandung sebesar US $150.000 dengan kurs jual Rp 9.850,- dan kurs beli Rp 9.500. berapa penerimaan eksportir saat itu? Apa yang terjadi pada penerimaan eksportir apabila terjadi depresiasi/
119.   Bagaimana system moneter internasional mengatur nilai mata uang yang berlaku pada setiap transaksi internasional/
120.   Jelaskan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi inbalance of payment / ketimpangan Neraca Pembayaran pada system kurs tetap dan kurs mengambang!
121.   Jelaskan paling sedikit 3 organisasi kerjasama internasional bidang ekonomi di mana Indonesia menjadi salah satu negara anggotanya!
122.   Nilai rupiah yang mengalami apresiasi dapat manjadi ancaman bagi ekportir dan mengancam perekononomian nasional, jelaskan!
123.   Elastisitas barang-barang primer lebih elastic dari pada barang-barang manufaktur, jelaskan!
124.   Bagaimana pengaruh turunannya FDI (Foreign Direct Invesment / investasi langsung) terhadap NPI?
125.   Deficit Neraca Pembayaran pada sebuah negara dapat menjadi ancaman bagi negara lain, jelaskan!
126.   Setiap negara berupaya menjaga negara pembayaran agar selalu seimbang. Mengapa demikian?
127.   Nilai tukar rupiah yang mengalami depresiasi dapat mengoreksi neraca pembayaran deficit. Jelaskan!
128.   Jelaskan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi neraca pembayaran yang deficit baik pada kurs tetap maupun kurs mengambang!
129.   Jelaskan bagaimana pengaruh pengenaan pajak impor terhadap posisi Neraca Pembayaran!
130.   Jelaskan pengaruh pemberlakuan zona perdagangan bebas kawasan ASEAN terhadap NPI?


Ekonomi makro

131.   Berikan tiga contoh trade off yang anda hadapi dalam hidup?
132.   Apa biaya oportunitas dari menonton bioskop?
133.   Mengapa pembuat kebijakan harus memperhitungkan insentif?
134.   Mengapa perdagangan antar negara tidak seperti permainan yang memunculkan pihak yang menang dan pihak yang kalah?
135.   Apa yang dilakuakn “tangan tidak tampak” (invesibel hand) di pasar?
136.   Jalaskan dua penyebab utama dari kegagalan pasar dan masing-masing berikan dua buah contoh!
137.   Apakah inflasi itu dan apakah penyebabnya?
138.   Bagaimana hubungan antara inflasi dan pengangguran dalam jangka pendek?
139.   Mengapa ekonomi dikategorikan sebagai sebuah ilmu?
140.   Mengapa para ekonom menbuat asumsi?
141.   Haruskah suatu model ekonomi menguraikan kenyataan dengan tepat?
142.   Gambar dan jelaskan batas kemungkinan produksi untuk suatu perekonomian yang memproduksi susu dan roti. Apa yang terjadi terhadap batas kemungkinan produksi jika suatu penyakit membunuh setengah dari populasi sapi pada perekonomian tersebut?
143.   Sebutkan dua subbidang dalam ilmu ekonomi. Jelaskan kajian masing-masing subbidang tersebut!
144.   Apa perbedaan antara pernyataan positif dan normative?berikan sebuah contoh untuk masing-masing pertanyaan tersebut!
145.   Mengapa para ekonom terkadang memberikan nasihat yang saling bertentanggan dengan pembuat kebijakan?
146.   Jelaskan perbedaan antara konsef keunggulan absolute dan keunggulan komperatif?
147.   Konsep mana yang lebih penting untuk menjelaskan perdagangan, keunggulan absolute ataukah keunggulan komperatif? Jelaskan jawaban anda!
148.   Apakah suatu negara akan memiliki kecanderungan untuk mengekpor atau mengimpor barang-barang yang keunggulan komperatifnya mereka kuasai? Jelaskan!
149.   Mengapa para ekonom menentang berbagai kebijakan yang mebatasi perdagangan antar negara?
150.   Apa yang dinamakan pasar kompetitif? Jelaskan secara singkat jenis-jenis pasar lain di luar pasar persaingan sempurna!
151.   Faktor apa yang menentukan kuantitas barang yang diminta pembeli?
152.   Apa yang dimaksud dengan skedul permintaan dan kurva permintaan, dan bagaimana keduanya berhubungan? Mengapa kemiringan kurva permintaan menurun ke bawah?
153.   Faktor apa yang menentuakan kuantitas barang yang ditawarkan?
154.   Apa yang dimaksud dengan skedul penawaran dan kurva penawaran, dan bagaiamana keduanya berhubungan/ mengapa kemiringan kurva penawaran naik ke atas?
155.   Apakah erubahan teknologi produksi akan menyebabkan pergerakan di sepanjang kurva penawaran ataukah pergeseran kurva penawaran? Apakah perubahan harga akan menyebabkan pergerakan sepanjang kurva penawaran ataukah pergeseran kurva penawaran?
156.   Definisikanlah equilibrium pasar!!! Gambarkan kekuatan-kekuatan yang mengerakan pasar kea rah equilibrium!
157.   Jelaskan peranan harga dalam perekonomian pasar!!!
158.   Defenisikan arti niali tambah! Dengan contoh angka terangkan bagaimana nilai tambah diwujudkan dari proses bahan mentah menjadi barang jadi. Contoh yang diberi harus paling sedikit meliputi empat kegiatan ekonomi!!!
159.   Dengan mengunakan cara pengeluaran terangkan bagaimana pendapatan nasional dihitung!
160.   Bandingkan cara menghitung pendapatan nasional dengan cara produksi neto dan cara pendapatan. Mengapa nilai diperoleh berbeda?
161.   Jelaskan secara singkat empat masalah untuk menghitung pendapatan nasional!
162.   Terangkan arti konsep-konsep berikut:
a.       Produk Domestik Bruto
b.      Produk Nasional Bruto
c.       Pendapatan per kapita
d.      Penghitungan dua kali
e.      Nilai tambah
163.   Bandingkan pandangan ahli-ahli ekonomi klasik dan Keynes mengenai dua hal berikut:
a.       Penentuan suku bunga
b.       Penentu tingkat upah
Apakah implikasi dari perbadaan pandangan tersebut?
164.   Terangkan pandangan beberapa golongan ahli ekonomi sesudah Keynes!
165.   Terangkan kelemahan teori keseibangan pendapatan nasional Keynesian!
166.   Apakah kurva AD dan AS? Bagaimana keseimbangan AD –AS ditentukan?
167.   Secara ringkas terangkan teori makroekonomi ahli-ahli ekonomi klasik!!!
168.   Terangkan faktor-faktor yang menentukan konsumsi rumah tangga dalam perekonomian yang manakah dianggap faktor yang paling penting?
169.   Faktor-faktor apa yang menentukan investasi perusahaan? Yang manakah dianggap paling penting?
170.   Defenisikan fungsi rumah tangga. Apakah ciri-ciri utama fungsi konsumsi? Bagaimana ia berhubungan dengan fungsi tabungan?
171.   Analisis keseimbangan pendapatan nasional dapat diterangkan dengan menggunakan table berangka, secara aljabar dan secara grafik’ uraikan!!!
172.   Dengan menggunakan contoh angka, terangkan bagaimana suatu perekonomian yang terdiri dari dua sektor akan mencapai keseimbangan pendapatan nasional!
173.   Apakah multiplier? Dengan menggunakan contoh angka terangkan bahwa suatu kenaikan dalam investasi perusahaan akan menimbulkan pertambahan pendapatan nasional sebanyak barapa kali lipat dari kenaikan tersebut?
174.   Terangkan sirkulasi aliran pendapatan dalam perekonomian tiga sektor. Nyatakan jenis-jenis suntikan dan bocoran dalam ekonomi tersebut. Apakah syarat yang harus dipenuhi agar perekonomian tiga sektor mancapai keseimbangan?
175.   Apakah pajak langsung itu? Apakah pajak tidak langsung? Berdasarkan pada proporsi pajak ke atas pendapatan rumah tangga terangkan tiga jenis pajak yang anda ketahui/
176.   Terangkan perbedaan di antara kecondongan mengkonsumsi marjinal disposibel dan kecondongan mengkonsumsi marjinal pendapatan nasional?
177.   Dengan menggunakan pendekatan angka, grafik dan aljabar terangkan keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian tiga sektor yang (i) menggunakan system pajak tetap dan (ii) system pajak proporsional
178.   Terangkan perbedaan multiplier dalam perekonmonian dua sektor dengan dalam perekonomian tiga sektor yang menngunakan system pajak proporsional. Gunakan contoh angka untuk mendukung jawaban anda
179.   Apakah penstabilan otomatik? Terangkan jenis-jenisnya!
180.   Dalam menghadapi pengangguran yangs erius kita tidak dapat menggunakan penstabilan otomatik. Kebijakna yang harus di jalankan adalah kebijakna fiscal diskresioner. Terangkan maksud pernyataan ini. Dengan cara bagaimana fiscal diskresionar itu dijalankan?
181.   Apakah arti harga dimestik yang etrjadi tanpa perdagangan internasional terhadap keunggulan komperatif suatu negara?
182.   Kapan suatu negara sebaiknya menjadi pengekspor? Dan kapan sebaiknya menjadi pengimpor?
183.   Apakah yang dimaksud dengan tariff, dan jalskan dampaknya terhadap perekonomian?
184.   Apa yang dimaksud dengan kuota impor? Bagaimanakah dampak ekonomi kuota impor dibanding dengan penerapan tariff?
185.   Sebutkanlah lima arguman yang sering digunakan untuk menekankan perlunya restriksi perdagangan. Apa tanggapan peran ekonom terhadap arguman-arguman tersebut?
186.   Apakah perbedaan dari pendekatan unilateral dan multilateral dalam melaksanakan perdagangan bebas? Berikan masing-masing contohnya!
187.   Apa itu analisis biaya-manfaat barang public? Mengapa hal itu penting? Mengapa pula hal itu sulit?
188.   Uraikan defenisi barang public, dan berikan contohnya. Dapatkah pasar swasta menyediakan barang public? Jelaskan!
189.   Uraikan defenisi barang swasta/pribadi, dan berikan contohnya? Tanpa adanya investasi pemerintah, akankah orang – orang terlalu banyak atau sedikit memanfaatkannya/ mengapa demikian?
190.   Dalam dawarsa terakhir ini, di Amerika Serikat manakah yang lebih cepat tumbuh, sektor pemerintah atau sektor –sektor lainnya dari perekonomian?
191.   Jelaskna bagaimana laba perusahaan dikenakan pajak dua kali!
192.   Mengapa beban pajak yang harus di pikul para pembayar pajak ternyata lebih besar nilainya disbanding jumlah uang pajak yang diterima oleh pemerintah?
193.   Mengapa sejumlah ekonom menganjurkan agar konsumsi, bukannya pendapatan yang dikenakan pajak?
194.   Berikan dua arguman tentang mengapa para pembayar para pembayar pajak yang relative kaya harus membayar pajak lebih banyak daripada mereka yang tidak kaya?
195.   Apa yang dimaksud dengan keadilan horizontal, dan megapa konsep ini begitu sulit diterapkan?
196.   Berikan suatu argumen untuk mempertahankan atau sebaliknya menggantikan system pajak yang berlaku saat ini dengan pajak rata!!
197.   Apa yang dimaksud dengan perusahaan kompetitif?
198.   Apakah kurva penawaran pasar biasanya lebih elastic untuk jangka pendek atau untuk jangka panjang? Jelaskan!!!
199.   Apakah harga yang diterima oleh perusahaan itu sama dengan biaya marginal dalam jangka pendek, ataukah jangka panjang ataukah kedua-duanya? Jelsakan!!
200.   Berikan satu contoh monopoli yang diciptakan oleh pemerintah. Apakah kebijakan public yang menelurkan monopoli tersebut selalu merupakan kebijakan yang buruk? Jelaskan!!!


3 komentar: